Tugas Profesional

  1.       1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan profesional 
Jawab : 
     Profesional adalah istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. Orang tersebut juga merupakan anggota suatu entitas atau organisasi yang didirikan sesuai dengan hukum di sebuah negara atau wilayah. Meskipun begitu, sering kali seseorang yang merupakan ahli dalam suatu bidang juga disebut "profesional" dalam bidangnya meskipun bukan merupakan anggota sebuah entitas yang didirikan dengan sah.

2. Jelaskan bagaimana untuk menjadi profesional! 
Jawab : 

   1. Menghargai waktu

Seorang profesional dilihat dari bagaimana dia menghargai waktunya, contohnya dengan tidak pernah datang terlambat. Karena kalau orang yang profesional akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang termasuk soal waktu.

   2. Etika kerja

Kamu tidak akan dilihat sebagai orang yang profesional kalau kamu masih mencampuri urusan pribadi dengan pekerjaanmu. Padahal sudah jelas kedua hal itu sangat berbeda satu sama lainnya.

   3. Usaha

Salah satu cara melihat sikap profesional seseorang adalah dari usahanya dalam mengerjakan sesuatu. Tentu kamu juga akan lebih bangga kalau kamu melihat kerja kerasmu ada hasilnya.

   4. Bahasa tubuh

Menggunakan bahasa tubuh yang sopan dan formal adalah salah satu ciri-ciri dari profesional. Kamu harus tahu bagaimana menggunakan bahasa tubuh sesuai dengan kondisi dan tempat.

   5. Passion

Jika kamu bekerja sesuai dengan passionmu itu akan membuatmu lebih mudah untuk menjadi profesional. Karena kamu akan sungguh-sungguh melakukan pekerjaanmu itu.

   6. Persiapan

Seorang profesional juga bukanlah orang yang selalu berjalan mengandalkan insting, justru sebaliknya, dia adalah orang yang penuh dengan persiapan. Walaupun tidak ada yang pasti di dunia ini, namun dengan persiapan yang baik bisa menghindari kesalahan yang bisa saja terjadi.

   7. Attitude

Tentu saja kamu harus memperhatikan sikapmu dimana pun kamu berada, begitu juga dengan profesional. Jangan bersikap semena-mena terhadap orang yang lain apalagi yang jabatannya lebih rendah daripada kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Keamanan Sistem

Tugas Penerapan Etika Teknologi Informasi